Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia: Dari Masa ke Masa

 

Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia: Dari Masa ke Masa


Ilustrasi gambar dibuat menggunakan copilot.microsoft



Kurikulum pendidikan memiliki peran yang sangat vital dalam menentukan arah pendidikan suatu bangsa. Di Indonesia, perkembangan kurikulum mencerminkan evolusi sistem pendidikan dari masa ke masa, seiring dengan perubahan sosial, politik, dan ekonomi yang terjadi di negeri ini. Mari kita telusuri perjalanan sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dari masa ke masa.


1. Masa Kolonial Belanda (Abad ke-19 hingga Awal Abad ke-20)

Pada masa kolonial Belanda, kurikulum pendidikan di Indonesia dirancang untuk memenuhi kebutuhan penjajah. Pendidikan pada masa itu lebih mengedepankan tujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil untuk mendukung kepentingan pemerintah kolonial. Kurikulum lebih terfokus pada pendidikan teknis, seperti pertanian, perdagangan, dan perkebunan. Bahasa Belanda menjadi bahasa pengantar dalam pendidikan tinggi, sementara pendidikan untuk rakyat pribumi cenderung terbatas dan terpusat di tingkat dasar.


2. Masa Pendudukan Jepang (1942-1945)

Selama pendudukan Jepang, terjadi perubahan signifikan dalam sistem pendidikan Indonesia. Jepang menciptakan kurikulum yang berorientasi pada pembentukan jiwa patriotisme dan semangat kebangsaan. Bahasa Jepang menjadi bahasa pengantar dalam sistem pendidikan, dan kurikulum dipangkas untuk lebih memprioritaskan pendidikan moral, budaya, dan fisik.


3. Masa Kemerdekaan dan Era Awal Republik (1945-1965)

Setelah kemerdekaan, Indonesia mulai merancang kembali kurikulum pendidikan sesuai dengan nilai-nilai nasionalisme dan kemerdekaan. Pendidikan nasional menjadi fokus utama, dengan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Kurikulum pada masa ini juga mencakup pendidikan agama, keterampilan, dan pengetahuan umum. Pada tahun 1952, pemerintah Indonesia merumuskan kurikulum nasional yang pertama, yang dikenal sebagai Kurikulum Pendidikan Dasar (KPD). 


4. Masa Orde Baru (1966-1998)

Pada masa Orde Baru, pemerintahan Soeharto mengimplementasikan kurikulum yang lebih terpusat dan terstandarisasi. Pendidikan diarahkan untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan nasional. Kurikulum yang dikenal sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diperkenalkan pada tahun 1975 sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.


5. Reformasi Pendidikan (1998-Sekarang)

Pasca jatuhnya rezim Orde Baru, Indonesia mengalami reformasi pendidikan yang signifikan. Pemerintah berusaha untuk memberikan lebih banyak kewenangan kepada daerah dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lokal. Sejumlah kurikulum baru telah diperkenalkan, seperti Kurikulum 2004 dan Kurikulum 2013, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansinya dengan tuntutan zaman.

Dengan melihat sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, kita dapat melihat bagaimana sistem pendidikan telah berubah dan berkembang seiring dengan perubahan zaman dan kebutuhan masyarakat. Meskipun demikian, tantangan dan perdebatan terkait dengan kurikulum pendidikan masih terus berlanjut, dan upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan relevansinya dengan tuntutan zaman.

Comments

Popular posts from this blog

contoh soal dan pembahasan materi TWK CPNS 2021

Matematika Peminatan Kelas XII contoh soal dan pembahasan distribusi binomial bagian 2

1