contoh narakarya I
LAPORAN HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM KEGIATAN PENEMPUHAN NARAKARYA I
DI GUGUS DEPAN 01.063 – 01.064
TAHUN 2014
DISUSUN
SEBAGAI SYARAT
UNTUK
MENDAPATKAN SERTIFIKAT NARAKARYA I
KEGIATAN
PASCA KMD
Disusun oleh:
Nama : Winaningsih
NIM : 4101013001
Prodi : Pendidikan
Matematika
PUSDIKLATCAB CAKRABASWARA
GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG KOTA SEMARANG
TAHUN 2014
PENGESAHAN
LAPORAN
HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM
KEGIATAN PENEMPUHAN NARAKARYA I
DI
GUGUSDEPAN 12.129 – 12.130
TAHUN 2014
DISUSUN
SEBAGAI SYARAT
UNTUK
MENDAPATKAN SERTIFIKAT NARAKARYA I
KEGIATAN
PASCA KMD
Disusun
oleh:
Nama :
Winaningsih
NIM :
4101013001
Prodi : Pendidikan
Matematika
Laporan ini
disahkan:
pada tanggal
…………………..
di …………………….
Kapusdilatcab Cakrabaswara Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Semarang, JCH. Suwardi, B.A SHL. 094/SHL/11.33
Kepala SMP N 10 Semarang
KATA PENGANTAR
Puji syukur
penulis panjatkan kepada Allah SWT karena atas berkat, rahmat dan karunia-Nya
penulis dapat menyelesaikan penulisan laporan ini. Penulis percaya bahwa
tanpa bantuan dari berbagai pihak maka penulisan laporan ini tidak
dapat berjalan lancar. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih
kepada:
1.
Peserta didik
SMP Negeri 10 Semarang Kab. Semarang yang telah berpartisipasi dalam penelitian ini.
2.
Semua pihak
yang telah membantu penulis selama penyusunan skripsi ini.
Semarang, 6 September 2014
Penulis
KATA MUTIARA
… Jika kamu bersyukur,
maka akan ku tambah nikmat-Ku untukmu.
(QS.
Ibrahim: 7)
“Man Jadda Wajada”
Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil
(Negeri 5 Menara)
“Sebaik-baik manusia
adalah yang bermanfaat bagi orang lain”
(Rasulullah, H.R Daruqutni dan At-Thabarani)
Kerja
keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas, InsyaAllah berkualitas.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
...........................................................................................
HALAMAN
PENGESAHAN ............................................................................
KATA
PENGANTAR .........................................................................................
KATA
MUTIARA ..............................................................................................
DAFTAR
ISI .......................................................................................................
DAFTAR
LAMPIRAN .......................................................................................
BAB
1 PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah ..........................................................
1.2.
Tujuan dan Manfaat .................................................................
1.3.
Metode .....................................................................................
BAB 2
TINJAUAN PUSTAKA
BAB 3
HASIL PELAKSANAAN
BAB 4
PENUTUP
4.1.
Simpulan .................................................................................
4.2.
Saran ........................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Pendidikan nasional bertujuan untuk
meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya, yaitu: manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian,
mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, memiliki etos
kerja yang tinggi, bertanggung jawab, serta sehat jasmani dan rohani.
Tujuan tersebut dapat tercapai melalui
kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler
yang dapat dilakukan di sekolah diantaranya adalah kepramukaan yang dilakukan
oleh gerakan pramuka tingkat penggalang
untuk tingkat sekolah menengah pertama.
Pendidikan kepramukaan dilaksanakan melalui gugus depan gerakan pramuka yang
berpangkalan di sekolah yang bersangkutan.
Program kegiatan ektrakurikuler ini memiliki tujuan sebagai wadah pembinaan bagi
anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip metode kepramukaan yang
pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan kepentingan dan perkembangan bangsa
dan negara Indonesia agar:
a.
Menjadi manusia yang
berkepribadian dan berwatak luhur serta
1)
Tinggi mental, moral,
budi pekerti, dan kuat keyakinan beragama;
2)
Tinggi kecerdasan dan
keterampilan;
3)
Kuat dan sehat
fisiknya.
b.
Menjadi warga Negara
Indonesia yang ber-Pancasila serta dan patuh kepada Negara kesatuan republik
Indonesia.
Sementara itu tujuan
pembinaan ekstrakurikuler dibidang kepramukaan di sekolah adalah untuk
menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan ke peserta
didik dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik melalui kegiatan
kepramukaan.
Perihal peningkatan pembinaan kegiatan
ekstrakurikuler bidang kepramukaan telah ditetapkan melalui surat yang
diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor
533/C8/U/1995 pada tanggal 7 September 1995.
Berdasarkan uraian di atas, maka
pendidikan kepramukaan agar dapat dilaksanakan sebaik – baiknya di sekolah dan
dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan nasional.
1.2.
Tujuan dan
Manfaat
- Keputusan Presiden RI Nomor
238 tahun 1961 tentang gerakan pramuka, Juncto keputusan Presiden RI Nomor
57 tahun 1988 tentang pengesahan anggaran dasar gerakan pramuka.
- Keputusan Kwartir Nasional
Gerakan Pramuka Nomor 137 tahun1984 tentang petunjuk penyelenggaraan gugus
depan gerakan pramuka.
1.3.
Pengertian
- Kegiatan ekstrakurikuler adalah
kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran biasa dalam suatu
susunan program pengajaran. Di samping untuk lebih mengkaitkan antara
pengetahuan yang diperoleh dalam program kurikulum dengan keadaan kebutuhan
lingkungan dan juga untuk pengayaan wawasan dan sebagai upaya pemantapan
kepribadian.
- Pangkalan adalah tempat
kedudukan gugus depan.
- Gerakan Pramuka adalah gerakan
pendidikan kepanduan nasional Indonesia yang merupakan satu-satunya wadah
dan pembinaan generasi mudah di bidang pendidikan kepramukaan.
- Gugus Depan (GUDEP) satuan
terkecil dari Pramuka.
- Pembina adalah guru di
sekolah, guru yang aktif dalam gerakan Pramuka adalah pembinaan yang sama
mempunyai hak untuk memberikan pembinaan.
- Pembina gugus depan adalah
guru yang diberi wewenang untuk memegang jalannya kegiatan pramuka yang
membawahi sekurang-kurangnya 32 orang atau 4 regu.
- Penggalang
adalah anggota gerakan pramuka yang terdiri dari peserta didik usia 11 tahun sampai dengan usia 15 tahun.
1.4.
Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dengan
diselenggarakannya pembinaan kepramukaan adalah sebagai berikut.
1.
Kuat keyakinan
beragama.
2.
Tinggi mental dan
moralnya serta berjiwa Pancasila.
3.
Sehat, segar, dan kuat
jasmaninya.
4.
Cerdas, tangkas, dan
terampil.
5.
Berpengetahuan luas dan
dalam.
6.
Berjiwa kepemimpinan
dan patriot.
7.
Berkesadaran nasional
dan peka terhadap perubahan lingkungan.
8.
Berpengalaman banyak.
1.5.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup
pembinaan gerakan pramuka
di SMPN 10 Semarang mengacu
kepada pola umum gerakan pramuka
yang meliputi segala bidang dalam gerakan pramuka.
1.6.
Struktur Organisasi
Struktur organisasi gugus depan gerakan
pramuka diatur dengan keputusan Kwarnas 137 tahun 1987, tentang petunjuk
penyelenggaraan gugus depan pramuka.
1.7.
Pelaksanaan Kegiatan
1. Pelaksanaan
pembinaan gerakan pramuka
di SMPN 10 Semarang mengacu
kepada prinsip metodik kepramukaan
yang menggunakan pandangan dan memerlukan tiap peserta didik sebagai makhluk
Tuhan, makhluk pribadi,
dan makhluk sosial.
2. Para
pendidik merupakan subjek didik yang ikut menentukan corak kegiatan kepramukaan, yaitu dengan
memperhatikan minat, bakat, kemampuan, dan kebutuhan mereka.
3. Kepramukaan juga di
landasi dengan:
a. Pendidikan
yang berpusat pada Tuhan, yaitu bahwa kegiatannya merupakan pelaksanaan
kewajibanterhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agamanya masing-masing.
b. Pendidikan
yang bersifat pada anak dan pemuda, yaitu bahwa kegiatannya dilakukan atas
prakarsa mereka dari, oleh, dan untuk mereka sendiri, serta oleh mereka pula,
meskipun tetap dibawah tanggung jawab orang dewasa.
c. Pendidikan
yang berpusat pada masyarakat, yaitu bahwa kegiatannya disesuaikan dengan
keadaan, kemampuan, harapan, dan kebutuhan masyarakat.
1.8.
Kepengurusan
Susunan pengurus struktur organisasi
majelis pembimbing gugus depan Semarang 01.063 – 01.064 Pangkalan
SMPN 10 Semarang periode tahun
2014 – 2015:
a.
Kamabigus
b.
Pembina gugus depan
putra dan putri
c.
Pembantu Pembina putra dan putri
d.
Anggota (peserta
didik)
BABII
TINJAUAN PUSTAKA
2.1.
Kondisi
Realita Gudep
2.1.1.
Definisi Gudep
Gugus depan, disingkat Gudep adalah suatu
kesatuan organik dalam Gerakan Pramuka yang merupakan wadah untuk menghimpun anggota
Gerakan Pramuka sebagai peserta didik dan pembina Pramuka, serta berfungsi
sebagai pangkalan keanggotaan peserta didik.
2.1.2.
Profil Gugus Depan SMP
N 10 Semarang
Gerakan Pramuka
mendidik dan membina kaum muda Indonesia dengan tujuan agar menjadi manusia
berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental dan tinggi moral. Oleh karena itu, Pramuka
Penggalang SMP N 10 Semarang sejak diresmikan telah melakukan banyak kegiatan
dalam rangka mencapai tujuan gerakan pramuka tersebut.
Gerakan Pramuka SMP N
10 Semarang didesign dalam salah satu unit kegiatan ekstrakulikuler yang
diwajibkan bagi kelas 7 dan 8. Yang selanjutnya kwalitas dari Gerakan Pramuka
ini menjadi penopang dari ketercapaian visi-misi SMP N 10 Semarang.
2.2. Kekuatan Anggota Muda Gudep
SMP N 10 Semarang
memiliki output personil yang baik di bidang kepramukaan. Semua itu tentu
berawal dari usaha yang tidak ringan. Motivasi para andika pramuka SMP N 10
Semarang sangat berpengaruh pada kegiatan pramuka di dalam Gugus Depan. Potensi yang mereka
miliki akan muncul dan terasah dengan kegiatan latihan pramuka yang disiplin,
intensif, namun tetap menyenangkan.
Para andika pramuka SMP
N 10 Semarang adalah ujung tombak daripada pramuka itu sendiri, karena mereka
yang aktif melakukan kegiatan di lapangan. Dengan kata lain mereka yang membawa
nama pramuka SMP N 10 Semarang.
2.3. Kekuatan Anggota Dewasa
Peran Anggota Pramuka Dewasa, dalam hal ini adalah
pembina pramuka, tentunya punya andil banyak megenai perkembangan pramuka di
Gugus Depan SMP N 10 Semarang dari tahun ke tahun. Para pembina gerakan pramuka, yang notabene
adalah lulusan dari pramuka SMP N 10 Semarang sendiri, selalu memperbaharui
cara penyampaian materi kepramukaan kepada peserta didik. Mengingat motivasi
dan potensi daripada peserta didik dari tahun ke tahun berbeda, bahkan
cenderung menurun.
Penyampaian materi
dengan pendidikan disiplin, intensif, serta menarik dan menyenangkan dirasa
sangat perlu, dan dianggap efektif dalam kegiatan kepramukaan. Cara-cara
seperti ini berguna untuk meningkatkan kualitas para pembina SMP N 10 Semarang,
yang kemudian dapat memberikan dampak positif untuk gerakan pramuka SMP N 10
Semarang. Dan juga menjadi kekuatan tersendiri untuk menghasilkan output yang
berkualitas di bidang kepramukaan, serta memberikan pendidikan karakter yang
positif bagi peserta didik.
2.4. Struktur Gudep
Kedudukan gugus depan gerakan Pramuka
yang berpangkalan di sekolah adalah sebagai mitra yang merupakan satu-satunya
wadah organisasi peserta didik di sekolah. Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan
Pramuka pada gugus depan 01.063 – 01.064 yang berpangkalan di SMAN 12 Semarang dikoordinasikan dengan program
sekolah dan mendapatkan persetujuan kepala sekolah selaku ketua Mabigus dan
merupakan tanggung jawab bersama.
2.5.Pelaksanaan Latihan/Kegiatan
- Pelaksanaan latihan/kegiatan
golongan peserta didik dilakukan di pangkalan.
- Pelaksanaan kegiatan dilakukan
sebanyak mungkin dengan praktik dan tetap memperhatikan ketertiban,
keamanan berupa kegiatan nyata yang memberi kesempurnaan kepada peserta
didik menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang sesuai dengan usia,
kemampuan jasmani, dan rohani.
- Pelaksanaan
kegiatan dilakukan secara praktis yaitu sederhana, mudah memanfaatkan
sumber daya yang ada dan menghemat biaya, tetapi berhasil guna dan tepat
guna.
- Pelaksanaan latihan/kegiatan
berupaya mencapai anggaran dasar gerakan pramuka.
- Pelaksanaan kegiatan/latihan
disusun secara berkala dalam program latihan (terlampir).
2.6.Administrasi
Gugus Depan
Administrasi gugus depan merupakan alat
bantu kelancaran jalannya gugus depan. Maka dari itu, dibawah ini contoh
administrasi yang ada di gugus depan dengan format terlampir, yang terdiri
dari:
1.
Biodata Pengurus
Gudep 2.
Program Kerja 3.
Uraian Program
Kegiatan Latihan 4.
No. Induk
Anggota 5.
Daftar Hadir Latihan
1 6.
Agenda Kegiatan harian 7.
Agenda Acara
Pelantikan 8.
Aganda Kenaikan Tingkat 9.
Buku Tamu 10.
Buku Kas Mingguan 11.
Buku Kas Bulanan 12.
Buku Kas Tahunan 13.
Agenda Surat Masuk |
14. Agenda
Surat
Keluar 15. Buku
Inventaris Barang 16. Buku
Catatan Rapat / Notulen Rapat 17. Buku
Catatan Peristiwa Penting ( Buku LOG) 18. Agenda
Dokumentasi Kegiatan 19. Buku
Adat 20. Program
Kerja Tahunan 21. Buku
Hubungan Kemasyarakatan 22. Buku
Daftar Hadir Latihan 2 23. Program
Mingguan 24. Persiapan
Mengajar 25. Catatan
Pribadi Anggota |
BAB III
PROGRAM
KEGIATAN
A.
Bidang Kegiatan dan
Latihan Peserta Didik
- Pencapaian SKU
- Meningkatkan latihan pramuka
Penegak dari jenjang Bantara dan Laksana
- Pencapaian SKK
a.
2 Macam SKK Bidang Agama, Mental, Moral, Spiritual,
Pembentukan Pribadi, dan
Watak
b.
2 Macam SKK Bidang Patriotisme dan Seni Budaya
c.
2 Macam SKK Bidang Ketangkasan dan Kesehatan
d.
2 Macam SKK Bidang Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
e.
2 Macam SKK Bidang
Sosial, Perikemanusiaan, Gotong-royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian
Dunia, dan Lingkungan Hidup
- Dianpinsa 1 kali
- Persami (dekat) 1 kali
- Perkemahan jauh 1 kali
- Lomba tingkat 1 kali
- Bakti masyarakat
B.
Kegiatan Pendidikan
Orang Dewasa
- Mengikutsertakan pembina atau
pembantu pembina dalam kegiatan pendidikan seperti : KMD, KML, atau diklat
lainnya.
- Mengikutsertakan pembina gugus
depan/pembantu pembina dalam pertemuan-pertemuan di kwartir ranting atau
kwartir cabang.
BAB
IV
ANGGARAN GUGUS DEPAN
Anggaran Gugus Depan diperoleh
dari:
1.
Iuran anggota yang
besarnya ditentukan oleh musyawarah gugus depan.
2.
Anggaran pramuka yang
dipungut dari peserta didik melalui daftar
ulang yang besarnya ditentukan dalam musyawarah gugus depan.
3.
Bantuan dari masyarakat
yang tidak mengikat.
4.
Usaha-usaha lain yang
tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, anggaran dana, dan
anggaran rumah tangga gerakan pramuka.
BAB
V
PENUTUP
Akhir
kata kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan
kepercayaan pada kami, sehingga kami dapat membantu dalam kegiatan pramuka di
SMAN 12 Semarang sesuai dengan kemampuan yang kami miliki.
Selanjutnya,
kami mohon maaf sebesar-besarnya jika dalam kegiatan di lapangan maupun
pengadaan administrasi yang kami buat jauh dari sempurna. Kami mengharapkan
kritik dan saran yang membangun demi terwujudnya kegiatan dan program yang
lebih baik di masa yang akan datang.
STRUKTUR ORGANISASI
MAJELIS PEMBIMBING GUGUS DEPAN 01.063 – 01.064
PANGKALAN SMAN 12 SEMARANG
PERIODE TAHUN 2013 – 2014
Pelatih Marjono Dewan Adat Dewan Kehormatan Dewan Ambalan Anggota KAMABIGUS Drs.
Supriyono Pembina GUDEP 01.063 Undang Lukman Hakim, S.Pd. Pembina GUDEP 01.064 Tri Hastutiningsih, S.Si.
STRUKTUR
ORGANISASI PRAMUKA PENEGAK
GUDEP
01.063 –
01.064
PANGKALAN SMAN 12 SEMARANG
PERIODE TAHUN 2013 – 2014
Dewan Ambalan Pradana
Putra: Sandi Harimas Pradana
Putri: Ira Febrianti Kerani:
Ema dan Fala Siva Juru
Uang: Nuryanti dan Frindy KAMABIGUS Pembina Putra dan
Putri Pelatih/ Pembina
Lapangan Dewan
Kehormatan Dewan Adat Pemangku Adat: Catur Pinsa Wapinsa Anggota
(4 – 8 Orang) Pinsa Wapinsa Anggota
(4 – 8 Orang) Pinsa Wapinsa Anggota
(4 – 8 Orang) Pinsa Wapinsa Anggota
(4 – 8 Orang) Pinsa Wapinsa Anggota
(4 – 8 Orang)
FORMULIR
PENDAFTARAN
ANGGOTA
GERAKAN PRAMUKA PRAGULOPATI- RORO SULI
1. Nama
Lengkap :
....................................................................... Pa/Pi
2. Tempat
/ Tanggal Lahir :
………………………………………………
3. Agama :
……………………………………………….
4. Nama
Orang Tua / Wali : ……………………………………………….
5. Pekerjaan
Orang Tua / Wali :
……………………………………………….
6. Anak
Ke :
……. Jumlah
Sdr Pa …… orang, Pi …… orang
7. Golongan
Darah :
……………………………………………….
8. Alamat
Rumah :
……………………………………………….
……………………………………………….
………………………………………………
9. Bakat
Dan Hobi : ……………………………………………….
10. Hal
Yang Perlu Diperhatikan :
(Kebiasaan, Kesehatan, Bahasa Yang Dikuasai)
11. Pengalaman
Dalam Kepramukaan
:………………………...……………………
Tahun :…………….Sebagai
………………………………….……………
Tahun :…………….Sebagai
………………………………….……………
Tahun :…………….Sebagai
………………………………….……………
Tahun :…………….Sebagai
………………………………….……………
Tahun :…………….Sebagai
………………………………….……………
12. Lain-Lain.
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
PROGRAM LATIHAN MINGGUAN
GUGUS DEPAN 12.129 – 12.130
AMBALAN PRAGULOPATI DAN RORO
SULI
PANGKALAN SMA N 12 SEMARANG TAHUN 2012/2013
Semester 1
No |
Program
Kegiatan |
JULI |
AGUSTUS |
SEPT |
OKTOBER |
NOPEMBER |
DESEMBER |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||||||||||||
1. |
a. Perkenalan b. Arti lambang pramuka |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. |
a. Struktur organisasi penegak b. Penjabaran Dasa Darma dan Tri
Satya |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3. |
a.Salam pramuka, maksud, dan penggunaannya |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4. |
a. Memahami isi AD/ART Gerakan
Pramuka b. Macam-macam tali temali |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5. |
a. Membaca jam dan
menggunakan kompas b. Membuat Peta Pita |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6. |
a. Sejarah Kepramukaan b. Mengenal morse dan
pengembangannya |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7. |
a. Mengenal organisasi ASEAN dan
PBB b. Semaphore dan pengenalan sandi
dasar |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8. |
a. PIONERING b. PBB Tongkat / Mengulang semaphore |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9. |
a. Pengetahuan umum dan
pengetahuan kepramukaan b. P3K |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10. |
a. Menaksir b. Kemah Evaluasi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11. |
a. Materi Baris berbaris |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
PROGRAM KERJA PRAMUKA |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
AMBALAN PRAGULOPATI-ROROSULI |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tahun Pelajaran : 2013/2014 |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
No |
Materi |
Alokasi Waktu |
BULAN |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||||||||||||||||||
1 |
Perkenalan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
2 |
Arti Lambang gerakan Pramuka |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
3 |
Struktur Organisasi Penegak |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
4 |
Penjabaran Dasa Darma dan Tri Satya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
5 |
Salam Pramuka, maksud dan penggunaannya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
6 |
PBB |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
7 |
Arah mata angin dan kompas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
Pelantikan Bantara |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
8 |
Tali temali |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
9 |
Simaphore |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
10 |
Pionerring |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
11 |
Morse |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
12 |
Sandi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
13 |
Pengetahuan umum, dan pengetahuan kepramukaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
14 |
P3K |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
15 |
Menaksir |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
16 |
kemah evaluasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
No |
Materi |
Alokasi Waktu |
BULAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Januari |
Februari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
Seni budaya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Cinta alam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Keterampilan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Ketangkasan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Penanggulangan keadaan darurat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Lingkungan hidup dan kelestarian alam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Koperasi dan Tabungan Nasional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Pertanian (dalam arti luas) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Kerajinan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Keamanan dan ketertiban masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
Perayaan dan peringatan hari-hari bersejarah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
Kampanye penerangan, sensor film, palang merah, pemberantasan buta huruf
dan pendidikan kesejahteraan keluarga. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM KERJA EKSTRA PRAMUKA |
||||
SMA N 12 SEMARANG |
||||
TAHUN PELAJARAN 2013-2014 |
||||
SEMESTER 1 (JULI-DESEMBER 2013) |
||||
No. |
URAIAN MATERI |
PEMATERI |
KODE |
KETERANGAN |
1 |
Anggaran Dasar Gerakan Pramuka |
|
|
|
2 |
Dasa Darma Dan Trisatya |
|
|
|
3 |
PBB |
|
|
|
4 |
Struktur Organisasi Gerakan Pramuka |
|
|
|
5 |
Tanda-Tanda Pengenal Gerakan Pramuka (Logo Ambalan) |
|
|
|
6 |
Arti Lambang Gerakan Pramuka |
|
|
|
7 |
Sejarah Dan Arti Pancasila
(Lambang Negara Indonesia) serta Bendera Merah Putih |
|
|
|
8 |
Lagu-Lagu Wajib dan Nasional, Lagu-Lagu Kepramukaan |
|
|
|
9 |
Penerimaan Tamu Ambalan |
|
|
|
10 |
Evaluasi |
|
|
|
SEMESTER 2 (JANUARI - JUNI 2014) |
||||
NO |
URAIAN MATERI |
PEMATERI |
KODE |
KETERANGAN |
1 |
Makanan Bergizi Dan Cara Memasak |
|
|
|
2 |
Macam-Macam Penyakit Dan Cara Pencegahannya |
|
|
|
3 |
Adat Sopan Santun Dan Budaya Indonesia |
|
|
|
4 |
Cara Membaca Jam Dan Kompas |
|
|
|
5 |
Tali Temali |
|
|
|
6 |
Sejarah Kepramukaan |
|
|
|
7 |
Sandi |
|
|
|
8 |
Permainan Pramuka |
|
|
|
9 |
P3k |
|
|
|
10 |
Struktur Pemerintahan Ri |
|
|
|
11 |
Evaluasi |
|
|
|
SUSUNAN
PANITIA PELANTIKAN PENEGAK BANTARA
AMBALAN PRAGULOPATI
RORO SULI
TAHUN PELAJARAN 2013
Pelindung : Dr. Titi Priyatiningsih, M.Pd. (Kamabigus )
Penangung Jawab : Ismail, S.Pd.
Drs. Agus Suprapto
Ketua : Sandi Harimas
Ira Febrianti
Sekretaris : Ema
Falahsiva
Bendahara : Nuryanto
Frindy
Seksi – Seksi:
Sie Kegiatan : 1. Fitri
:
2. Eka
Sie Perlengkapan : 1. Faizal
Mengetahui, Semarang,
5 September 2013
KepalaSekolahSelakuKamabigus Pembina
Gudep,
Ismail, S.Pd.
Foto
Dokumentasi
Dewan
Ambalan SMAN 12 Semarang Pelantikan
penegak bantara
Latihan
Baris Berbaris Dewan Ambalan SMAN 12 Semarang Guru
PPL SM3T
Comments
Post a Comment