contoh narakarya I

 

LAPORAN HASIL PELAKSANAAN

PROGRAM KEGIATAN PENEMPUHAN NARAKARYA I

DI GUGUS DEPAN 01.063 – 01.064

TAHUN 2014

 

 

DISUSUN SEBAGAI SYARAT

UNTUK MENDAPATKAN SERTIFIKAT NARAKARYA I

KEGIATAN PASCA KMD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                                   

   Disusun oleh:

Nama                  : Winaningsih

NIM                    : 4101013001

Prodi              : Pendidikan Matematika

 

 

 

PUSDIKLATCAB CAKRABASWARA

GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG KOTA SEMARANG

TAHUN 2014

PENGESAHAN

LAPORAN HASIL PELAKSANAAN

PROGRAM KEGIATAN PENEMPUHAN NARAKARYA I

DI GUGUSDEPAN 12.129 – 12.130

TAHUN 2014

 

 

 

DISUSUN SEBAGAI SYARAT

UNTUK MENDAPATKAN SERTIFIKAT NARAKARYA I

KEGIATAN PASCA KMD

 

 

 

Disusun oleh:

Nama           : Winaningsih

NIM                        : 4101013001

Prodi           : Pendidikan Matematika

 

Laporan ini disahkan:

pada tanggal …………………..

di …………………….

 

 

 

Kapusdilatcab Cakrabaswara

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Semarang,

 

 

JCH. Suwardi, B.A

SHL. 094/SHL/11.33

 

 

 

 


Kepala SMP N 10 Semarang

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT karena atas berkat, rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan penulisan laporan ini. Penulis percaya bahwa tanpa bantuan dari berbagai pihak maka penulisan laporan ini tidak dapat berjalan lancar. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1.      Peserta didik SMP Negeri 10 Semarang Kab. Semarang yang telah berpartisipasi dalam penelitian ini.

2.      Semua pihak yang telah membantu penulis selama penyusunan skripsi ini.

 

 

 

Semarang, 6 September 2014

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA MUTIARA

 

… Jika kamu bersyukur, maka akan ku tambah nikmat-Ku untukmu.

(QS. Ibrahim: 7)

 

“Man Jadda Wajada” Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil

(Negeri 5 Menara)

 

“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”

(Rasulullah, H.R Daruqutni dan At-Thabarani)

 

Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas, InsyaAllah berkualitas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL ...........................................................................................

HALAMAN PENGESAHAN ............................................................................

KATA PENGANTAR .........................................................................................

KATA MUTIARA ..............................................................................................

DAFTAR ISI .......................................................................................................

DAFTAR LAMPIRAN .......................................................................................

BAB 1       PENDAHULUAN

1.1.          Latar Belakang Masalah ..........................................................

1.2.         Tujuan dan Manfaat .................................................................

1.3.         Metode .....................................................................................

BAB 2       TINJAUAN PUSTAKA

BAB 3       HASIL PELAKSANAAN

BAB 4       PENUTUP

4.1.         Simpulan  .................................................................................

4.2.         Saran ........................................................................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.       Latar Belakang

Pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya, yaitu: manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, memiliki etos kerja yang tinggi, bertanggung jawab, serta sehat jasmani dan rohani.

Tujuan tersebut dapat tercapai melalui kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dilakukan di sekolah diantaranya adalah kepramukaan yang dilakukan oleh gerakan pramuka tingkat penggalang untuk tingkat sekolah menengah pertama. Pendidikan kepramukaan dilaksanakan melalui gugus depan gerakan pramuka yang berpangkalan di sekolah yang bersangkutan. Program kegiatan ektrakurikuler ini memiliki tujuan sebagai wadah pembinaan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan kepentingan dan perkembangan bangsa dan negara Indonesia agar:

a.       Menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta

1)      Tinggi mental, moral, budi pekerti, dan kuat keyakinan beragama;

2)      Tinggi kecerdasan dan keterampilan;

3)      Kuat dan sehat fisiknya.

b.      Menjadi warga Negara Indonesia yang ber-Pancasila serta dan patuh kepada Negara kesatuan republik Indonesia.

Sementara itu tujuan pembinaan ekstrakurikuler dibidang kepramukaan di sekolah adalah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan ke peserta didik dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik melalui kegiatan kepramukaan.

Perihal peningkatan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler bidang kepramukaan telah ditetapkan melalui surat yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 533/C8/U/1995 pada tanggal 7 September 1995.

Berdasarkan uraian di atas, maka pendidikan kepramukaan agar dapat dilaksanakan sebaik – baiknya di sekolah dan dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan nasional.

 

1.2.       Tujuan dan Manfaat

  1. Keputusan Presiden RI Nomor 238 tahun 1961 tentang gerakan pramuka, Juncto keputusan Presiden RI Nomor 57 tahun 1988 tentang pengesahan anggaran dasar gerakan pramuka.
  2. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 137 tahun1984 tentang petunjuk penyelenggaraan gugus depan gerakan pramuka.

 

1.3.       Pengertian

  1. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran biasa dalam suatu susunan program pengajaran. Di samping untuk lebih mengkaitkan antara pengetahuan yang diperoleh dalam program kurikulum dengan keadaan kebutuhan lingkungan dan juga untuk pengayaan wawasan dan sebagai upaya pemantapan kepribadian.
  2. Pangkalan adalah tempat kedudukan gugus depan.
  3. Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan kepanduan nasional Indonesia yang merupakan satu-satunya wadah dan pembinaan generasi mudah di bidang pendidikan kepramukaan.
  4. Gugus Depan (GUDEP) satuan terkecil dari Pramuka.
  5. Pembina adalah guru di sekolah, guru yang aktif dalam gerakan Pramuka adalah pembinaan yang sama mempunyai hak untuk memberikan pembinaan.
  6. Pembina gugus depan adalah guru yang diberi wewenang untuk memegang jalannya kegiatan pramuka yang membawahi sekurang-kurangnya 32 orang atau 4 regu.
  7. Penggalang adalah anggota gerakan pramuka yang terdiri dari peserta didik  usia 11 tahun sampai dengan usia 15 tahun.

1.4.       Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai dengan diselenggarakannya pembinaan kepramukaan adalah sebagai berikut.

1.      Kuat keyakinan beragama.

2.      Tinggi mental dan moralnya serta berjiwa Pancasila.

3.      Sehat, segar, dan kuat jasmaninya.

4.      Cerdas, tangkas, dan terampil.

5.      Berpengetahuan luas dan dalam.

6.      Berjiwa kepemimpinan dan patriot.

7.      Berkesadaran nasional dan peka terhadap perubahan lingkungan.

8.      Berpengalaman banyak.

 

1.5.       Ruang Lingkup

Ruang lingkup pembinaan gerakan pramuka di SMPN 10 Semarang mengacu kepada pola umum gerakan pramuka yang meliputi segala bidang dalam gerakan pramuka.

 

1.6.       Struktur Organisasi

Struktur organisasi gugus depan gerakan pramuka diatur dengan keputusan Kwarnas 137 tahun 1987, tentang petunjuk penyelenggaraan gugus depan pramuka.

 

1.7.       Pelaksanaan Kegiatan

1.      Pelaksanaan pembinaan gerakan pramuka di SMPN 10 Semarang mengacu kepada prinsip metodik kepramukaan yang menggunakan pandangan dan memerlukan tiap peserta didik sebagai makhluk Tuhan, makhluk pribadi, dan makhluk sosial.

2.      Para pendidik merupakan subjek didik yang ikut menentukan corak kegiatan kepramukaan, yaitu dengan memperhatikan minat, bakat, kemampuan, dan kebutuhan mereka.

3.      Kepramukaan juga di landasi dengan:

a.    Pendidikan yang berpusat pada Tuhan, yaitu bahwa kegiatannya merupakan pelaksanaan kewajibanterhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agamanya masing-masing.

b.    Pendidikan yang bersifat pada anak dan pemuda, yaitu bahwa kegiatannya dilakukan atas prakarsa mereka dari, oleh, dan untuk mereka sendiri, serta oleh mereka pula, meskipun tetap dibawah tanggung jawab orang dewasa.

c.    Pendidikan yang berpusat pada masyarakat, yaitu bahwa kegiatannya disesuaikan dengan keadaan, kemampuan, harapan, dan kebutuhan masyarakat.

 

1.8.       Kepengurusan

Susunan pengurus struktur organisasi majelis pembimbing gugus depan Semarang 01.063 – 01.064 Pangkalan SMPN 10 Semarang periode tahun 2014 – 2015:

a.       Kamabigus

b.      Pembina gugus depan putra dan putri

c.       Pembantu Pembina putra dan putri

d.      Anggota (peserta didik)

 


BABII

TINJAUAN PUSTAKA

 

2.1.       Kondisi Realita Gudep

2.1.1.         Definisi Gudep

Gugus depan, disingkat Gudep adalah suatu kesatuan organik dalam Gerakan Pramuka yang merupakan wadah untuk menghimpun anggota Gerakan Pramuka sebagai peserta didik dan pembina Pramuka, serta berfungsi sebagai pangkalan keanggotaan peserta didik.

 

2.1.2.         Profil Gugus Depan SMP N 10 Semarang

Gerakan Pramuka mendidik dan membina kaum muda Indonesia dengan tujuan agar menjadi manusia berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental dan tinggi moral. Oleh karena itu, Pramuka Penggalang SMP N 10 Semarang sejak diresmikan telah melakukan banyak kegiatan dalam rangka mencapai tujuan gerakan pramuka tersebut.

Gerakan Pramuka SMP N 10 Semarang didesign dalam salah satu unit kegiatan ekstrakulikuler yang diwajibkan bagi kelas 7 dan 8. Yang selanjutnya kwalitas dari Gerakan Pramuka ini menjadi penopang dari ketercapaian visi-misi SMP N 10 Semarang.

 

2.2.       Kekuatan Anggota Muda Gudep

SMP N 10 Semarang memiliki output personil yang baik di bidang kepramukaan. Semua itu tentu berawal dari usaha yang tidak ringan. Motivasi para andika pramuka SMP N 10 Semarang sangat berpengaruh pada kegiatan pramuka  di dalam Gugus Depan. Potensi yang mereka miliki akan muncul dan terasah dengan kegiatan latihan pramuka yang disiplin, intensif, namun tetap menyenangkan.

Para andika pramuka SMP N 10 Semarang adalah ujung tombak daripada pramuka itu sendiri, karena mereka yang aktif melakukan kegiatan di lapangan. Dengan kata lain mereka yang membawa nama pramuka SMP N 10 Semarang.

 

2.3.       Kekuatan Anggota Dewasa

Peran  Anggota Pramuka Dewasa, dalam hal ini adalah pembina pramuka, tentunya punya andil banyak megenai perkembangan pramuka di Gugus Depan SMP N 10 Semarang dari tahun ke tahun.  Para pembina gerakan pramuka, yang notabene adalah lulusan dari pramuka SMP N 10 Semarang sendiri, selalu memperbaharui cara penyampaian materi kepramukaan kepada peserta didik. Mengingat motivasi dan potensi daripada peserta didik dari tahun ke tahun berbeda, bahkan cenderung menurun.

Penyampaian materi dengan pendidikan disiplin, intensif, serta menarik dan menyenangkan dirasa sangat perlu, dan dianggap efektif dalam kegiatan kepramukaan. Cara-cara seperti ini berguna untuk meningkatkan kualitas para pembina SMP N 10 Semarang, yang kemudian dapat memberikan dampak positif untuk gerakan pramuka SMP N 10 Semarang. Dan juga menjadi kekuatan tersendiri untuk menghasilkan output yang berkualitas di bidang kepramukaan, serta memberikan pendidikan karakter yang positif bagi peserta didik.

 

2.4.       Struktur Gudep

 

Kedudukan gugus depan gerakan Pramuka yang berpangkalan di sekolah adalah sebagai mitra yang merupakan satu-satunya wadah organisasi peserta didik di sekolah. Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Pramuka pada gugus depan 01.063 – 01.064 yang berpangkalan di SMAN 12 Semarang dikoordinasikan dengan program sekolah dan mendapatkan persetujuan kepala sekolah selaku ketua Mabigus dan merupakan tanggung jawab bersama.

 

2.5.Pelaksanaan Latihan/Kegiatan

  1. Pelaksanaan latihan/kegiatan golongan peserta didik dilakukan di pangkalan.
  2. Pelaksanaan kegiatan dilakukan sebanyak mungkin dengan praktik dan tetap memperhatikan ketertiban, keamanan berupa kegiatan nyata yang memberi kesempurnaan kepada peserta didik menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang sesuai dengan usia, kemampuan jasmani, dan rohani.
  3. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis yaitu sederhana, mudah memanfaatkan sumber daya yang ada dan menghemat biaya, tetapi berhasil guna dan tepat guna.
  4. Pelaksanaan latihan/kegiatan berupaya mencapai anggaran dasar gerakan pramuka.
  5. Pelaksanaan kegiatan/latihan disusun secara berkala dalam program latihan (terlampir).

 

2.6.Administrasi Gugus Depan

Administrasi gugus depan merupakan alat bantu kelancaran jalannya gugus depan. Maka dari itu, dibawah ini contoh administrasi yang ada di gugus depan dengan format terlampir, yang terdiri dari:


 

1.         Biodata Pengurus Gudep

2.         Program Kerja

3.         Uraian Program Kegiatan Latihan

4.         No. Induk Anggota

5.         Daftar Hadir Latihan 1

6.         Agenda Kegiatan harian

7.         Agenda Acara Pelantikan

8.         Aganda Kenaikan Tingkat

9.         Buku Tamu

10.     Buku Kas Mingguan

11.     Buku Kas Bulanan

12.     Buku Kas Tahunan

13.     Agenda Surat Masuk

14.  Agenda Surat Keluar

15.  Buku Inventaris Barang

16.  Buku Catatan Rapat / Notulen Rapat

17.  Buku Catatan Peristiwa Penting ( Buku LOG)

18.  Agenda Dokumentasi Kegiatan

19.  Buku Adat

20.  Program Kerja Tahunan

21.  Buku Hubungan Kemasyarakatan

22.  Buku Daftar Hadir Latihan 2

23.  Program Mingguan

24.  Persiapan Mengajar

25.  Catatan Pribadi Anggota

 

 


BAB III

PROGRAM KEGIATAN

 

A.    Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik

  1. Pencapaian SKU
  2. Meningkatkan latihan pramuka Penegak dari jenjang Bantara dan Laksana
  3. Pencapaian SKK

a.         2 Macam SKK Bidang Agama, Mental, Moral, Spiritual, Pembentukan Pribadi, dan Watak

b.         2 Macam SKK Bidang Patriotisme dan Seni Budaya

c.         2 Macam SKK Bidang Ketangkasan dan Kesehatan

d.        2 Macam SKK Bidang Ketrampilan dan Teknik Pembangunan

e.         2 Macam SKK Bidang Sosial, Perikemanusiaan, Gotong-royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia, dan Lingkungan Hidup

  1. Dianpinsa 1 kali
  2. Persami (dekat) 1 kali
  3. Perkemahan jauh 1 kali
  4. Lomba tingkat 1 kali
  5. Bakti masyarakat

 

B.     Kegiatan Pendidikan Orang Dewasa

  1. Mengikutsertakan pembina atau pembantu pembina dalam kegiatan pendidikan seperti : KMD, KML, atau diklat lainnya.
  2. Mengikutsertakan pembina gugus depan/pembantu pembina dalam pertemuan-pertemuan di kwartir ranting atau kwartir cabang.

 


BAB IV

ANGGARAN GUGUS DEPAN

 

Anggaran Gugus Depan diperoleh dari:

1.        Iuran anggota yang besarnya ditentukan oleh musyawarah gugus depan.

2.        Anggaran pramuka yang dipungut dari peserta didik  melalui daftar ulang yang besarnya ditentukan dalam musyawarah gugus depan.

3.        Bantuan dari masyarakat yang tidak mengikat.

4.        Usaha-usaha lain yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, anggaran dana, dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka.


BAB V

                                                 PENUTUP     

 

Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan pada kami, sehingga kami dapat membantu dalam kegiatan pramuka di SMAN 12 Semarang sesuai dengan kemampuan yang kami miliki.

Selanjutnya, kami mohon maaf sebesar-besarnya jika dalam kegiatan di lapangan maupun pengadaan administrasi yang kami buat jauh dari sempurna. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi terwujudnya kegiatan dan program yang lebih baik di masa yang akan datang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STRUKTUR ORGANISASI

MAJELIS PEMBIMBING GUGUS DEPAN 01.063 – 01.064

PANGKALAN SMAN 12 SEMARANG

PERIODE TAHUN 2013 – 2014

Pelatih

Marjono

Dewan Adat

 

Dewan Kehormatan

 

Dewan Ambalan

 

Anggota

 

KAMABIGUS

Drs. Supriyono

Pembina GUDEP 01.063

Undang Lukman Hakim, S.Pd.

Pembina GUDEP 01.064

Tri Hastutiningsih, S.Si.

 



STRUKTUR ORGANISASI PRAMUKA PENEGAK

GUDEP 01.063 – 01.064

PANGKALAN SMAN 12 SEMARANG

PERIODE TAHUN 2013 – 2014

 

Dewan Ambalan

Pradana Putra: Sandi Harimas

Pradana Putri: Ira Febrianti

Kerani: Ema dan Fala Siva

Juru Uang: Nuryanti dan Frindy

KAMABIGUS

Pembina Putra dan Putri

Pelatih/ Pembina Lapangan

Dewan Kehormatan

Dewan Adat

Pemangku Adat: Catur

Pinsa

Wapinsa

Anggota (4 – 8 Orang)

Pinsa

Wapinsa

Anggota (4 – 8 Orang)

Pinsa

Wapinsa

Anggota (4 – 8 Orang)

Pinsa

Wapinsa

Anggota (4 – 8 Orang)

Pinsa

Wapinsa

Anggota (4 – 8 Orang)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


FORMULIR PENDAFTARAN

ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA PRAGULOPATI- RORO SULI

 

1.    Nama Lengkap                              : ....................................................................... Pa/Pi

2.    Tempat / Tanggal Lahir                   : ………………………………………………

3.      Agama                                           : ……………………………………………….

4.      Nama Orang Tua / Wali                 : ……………………………………………….

5.      Pekerjaan Orang Tua / Wali           : ……………………………………………….

6.      Anak Ke                                        : ……. Jumlah Sdr Pa …… orang, Pi …… orang

7.      Golongan Darah                            : ……………………………………………….

8.      Alamat Rumah                              : ……………………………………………….

……………………………………………….

………………………………………………

9.      Bakat Dan Hobi                            : ……………………………………………….

10.  Hal Yang Perlu Diperhatikan        : (Kebiasaan, Kesehatan, Bahasa Yang Dikuasai)

11.  Pengalaman Dalam Kepramukaan :………………………...……………………

Tahun        :…………….Sebagai ………………………………….……………

Tahun        :…………….Sebagai ………………………………….……………

Tahun        :…………….Sebagai ………………………………….……………

Tahun        :…………….Sebagai ………………………………….……………

Tahun        :…………….Sebagai ………………………………….……………

12.  Lain-Lain.

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

 


PROGRAM LATIHAN MINGGUAN

GUGUS DEPAN 12.129 – 12.130

AMBALAN PRAGULOPATI DAN RORO SULI

PANGKALAN SMA N 12 SEMARANG  TAHUN 2012/2013

Semester 1

 

No

Program Kegiatan

JULI

AGUSTUS

SEPT

OKTOBER

NOPEMBER

DESEMBER

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1.

a. Perkenalan

b. Arti lambang pramuka

2.

a. Struktur organisasi penegak

b. Penjabaran Dasa Darma dan Tri Satya

3.

a.Salam pramuka, maksud, dan     penggunaannya

4.

a. Memahami isi AD/ART Gerakan Pramuka

b. Macam-macam tali temali

5.

a.  Membaca jam dan menggunakan kompas

b. Membuat Peta Pita

6.

a. Sejarah Kepramukaan

b. Mengenal morse dan pengembangannya

7.

a. Mengenal organisasi ASEAN dan PBB

b. Semaphore dan pengenalan sandi dasar

8.

a. PIONERING

b. PBB Tongkat / Mengulang semaphore

9.

a. Pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan

b. P3K

10.

a. Menaksir

b. Kemah Evaluasi

11.

a. Materi Baris berbaris

 

 


 

PROGRAM KERJA PRAMUKA

 

AMBALAN PRAGULOPATI-ROROSULI

 

 

Tahun Pelajaran    : 2013/2014

 

 

No

Materi

Alokasi Waktu

BULAN

 

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

 

1

2

3

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

 

1

Perkenalan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Arti Lambang gerakan Pramuka

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Struktur Organisasi Penegak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Penjabaran Dasa Darma dan Tri Satya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Salam Pramuka, maksud dan penggunaannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

PBB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Arah mata angin dan kompas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelantikan Bantara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Tali temali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Simaphore

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Pionerring

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Morse

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

Sandi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

Pengetahuan umum, dan pengetahuan kepramukaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

P3K

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

Menaksir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16

kemah evaluasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No

Materi

Alokasi Waktu

BULAN

Januari

Februari

Maret

April

Mei

Juni

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

1

Seni budaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Cinta alam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Keterampilan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Ketangkasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Penanggulangan keadaan darurat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Lingkungan hidup dan kelestarian alam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Koperasi dan Tabungan Nasional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Pertanian (dalam arti luas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Kerajinan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Keamanan dan ketertiban masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Perayaan dan peringatan hari-hari bersejarah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

Kampanye penerangan, sensor film, palang merah, pemberantasan buta huruf dan pendidikan kesejahteraan keluarga.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

PROGRAM KERJA EKSTRA PRAMUKA

SMA N 12 SEMARANG

TAHUN PELAJARAN 2013-2014

SEMESTER 1 (JULI-DESEMBER 2013)

No.

URAIAN MATERI

PEMATERI

KODE

KETERANGAN

1

Anggaran Dasar Gerakan Pramuka

 

 

 

2

Dasa Darma Dan Trisatya

 

 

 

3

PBB

 

 

 

4

Struktur Organisasi Gerakan Pramuka

 

 

 

5

Tanda-Tanda Pengenal Gerakan Pramuka (Logo Ambalan)

 

 

 

6

Arti Lambang Gerakan Pramuka

 

 

 

7

Sejarah Dan Arti  Pancasila (Lambang Negara Indonesia) serta Bendera Merah Putih

 

 

 

8

Lagu-Lagu Wajib dan Nasional, Lagu-Lagu Kepramukaan

 

 

 

9

Penerimaan Tamu Ambalan

 

 

 

10

Evaluasi

 

 

 

SEMESTER 2 (JANUARI - JUNI 2014)

NO

URAIAN MATERI

PEMATERI

KODE

KETERANGAN

1

Makanan Bergizi Dan Cara Memasak

 

 

 

2

Macam-Macam Penyakit Dan Cara Pencegahannya

 

 

 

3

Adat Sopan Santun Dan Budaya Indonesia

 

 

 

4

Cara Membaca Jam Dan Kompas

 

 

 

5

Tali Temali

 

 

 

6

Sejarah Kepramukaan

 

 

 

7

Sandi

 

 

 

8

Permainan Pramuka

 

 

 

9

P3k

 

 

 

10

Struktur Pemerintahan Ri

 

 

 

11

Evaluasi

 

 

 


 

SUSUNAN PANITIA PELANTIKAN PENEGAK BANTARA
AMBALAN
PRAGULOPATI RORO SULI
TAHUN PELAJARAN 2013

 

Pelindung                    : Dr. Titi Priyatiningsih, M.Pd. (Kamabigus )

Penangung Jawab       : Ismail, S.Pd.

                                      Drs. Agus Suprapto

                                                                         

Ketua                          :  Sandi Harimas

                                       Ira Febrianti

Sekretaris                    : Ema

                                      Falahsiva

Bendahara                   : Nuryanto

                                      Frindy

 

Seksi – Seksi:

Sie Kegiatan                : 1. Fitri

                                    : 2. Eka

Sie Perlengkapan         : 1. Faizal

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                            Semarang, 5 September 2013

KepalaSekolahSelakuKamabigus                                           Pembina Gudep,

 

 

 


                                                           

     Ismail, S.Pd.

 

 

 

 

 

 


Foto Dokumentasi

 

 

 

 

 

Dewan Ambalan SMAN 12 Semarang

Pelantikan penegak bantara

 


                                                                                                

 

 

 

 

 

Latihan Baris Berbaris Dewan Ambalan SMAN 12 Semarang

Guru PPL SM3T

 

 

Comments

Popular posts from this blog

contoh soal dan pembahasan materi TWK CPNS 2021

Matematika Peminatan Kelas XII contoh soal dan pembahasan distribusi binomial bagian 2

1