kumpulan RPP 1 lembar kelas X Matematika wajib SMA/SMK lengkap dengan penilaian
Kumpulan RPP kelas X Matematika Wajib SMA/SMK
Selamat pagi sahabat seperjuangan semuanya perangkat pembelajaran merupakan salah satu unsur penunjang yang sangat penting untuk terciptanya suatu pembelajaran yang efektif. untuk materi kelas x terdiri dari matriks, pertidaksamaan rasional dan irasional, sistem persamaan linear tiga variabel, sistem pertidaksamaan dua variabel, fungsi, komposisi fungsi, dan trigonometri.
kali ini admin akan postingkan tentang RPP kelas X yang terdiri hanya satu lembar berdasarkan peraturan terbaru lengkap beserta penilaiannya, baik penilaian sikap, penilaian keterampilan, penilaian pengetahuan. bagi yang berminat silakan dapat di download di link berikut semoga bermanfaat:
1. Matrik
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Salem
Mata
Pelajaran : Matematika
Wajib
Kelas/Semester : X/ Genap
Materi
Pokok : Nilai
Mutlak
Alokasi
Waktu : 16 Jam
Pelajaran (8 Pertemuan)
Pertemuan
ke : 1 (2 x
45 menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan hasil) dengan mengembangkan rasa ingin tahu
dan tanggung jawab peserta didik mampu:
1.
Menentukan nilai mutlak suatu bilangan
B.
Sumber
Belajar
Buku Matematika Siswa
Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016
C.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya serta mengajukan pertanyaan
untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan
motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan
mempelajari materi : konsep nilai mutlak |
|
Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
belajar yang akan ditempuh, |
|
Kegiatan
Inti ( 60 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat,
mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan
bahan bacaan terkait materi konsep nilai mutlak. |
Critical Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan
dengan materi konsep nilai mutlak. |
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok (satu
kelompok terdiri dari 4 atau 5 orang) untuk mendiskusikan, mengumpulkan
informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai konsep
nilai mutlak. |
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau
individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal
yang telah dipelajari terkait konsep nilai mutlak. Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
|
Guru
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan |
|
Guru
beserta peserta didik mereview proses pembelajaran dan memberikan penugasan. |
|
Guru
menginformasikan materi pelajaran selanjutnya yakni sifat-sifat nilai mutlak. |
D.
Penilaian
Penilaian
sikap diambil dari jurnal sikap, penilaian pengetahuan dilakukan dengan
penugasan, penilaian harian, dan ulangan harian, penilaian keterampilan dari
kegiatan diskusi dan presentasi yang telah dilakukan.
Salem,
Mei 2020
Kepala
Sekolah Guru Mata
Pelajaran,
Nur
Rokhman, S.Pd, M.Pd Winaningsih,
S.Pd
Lampiran
KI
3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
NO |
KD |
IPK |
Lefel Kognitif |
MATERI POKOK |
SOAL |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
1 |
3.1 Mengintepretasi
persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya. |
3.1.1 Menentukan nilai mutlak suatu bilangan. |
C3 |
Nilai
mutlak |
Terlampir |
1 |
Terlampir |
Kerjakan
soal dibawah ini!
1.
Tentukan nilai untuk nilai x berikut:
a.
x = 4
b.
x = 1
c.
x = 0
penyelesaian:
a.
jelas
(skor maks 5)
b.
jelas (skor
maks 5)
c.
jelas (skor
maks 5)
skor total
selengkapnya bisa di download pada link di bawah.
2. Pertidaksamaan Rasional dan irasional
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Salem
Mata
Pelajaran : Matematika
Wajib
Kelas/Semester : X/ Genap
Materi
Pokok : Persamaan
dan Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Satu Variabel
Alokasi
Waktu : 16 Jam
Pelajaran (8 Pertemuan)
Pertemuan
ke : 1 (2 x
45 menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan hasil) dengan mengembangkan rasa ingin tahu
dan tanggung jawab peserta didik mampu
1.
Menjelaskan konsep persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
2.
Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
3.
Menjelaskan konsep persamaan dan pertidaksamaan rasional
4.
Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan rasional
5.
Menjelaskan konsep persamaan dan pertidaksamaan irasional
atau bentuk akar
6.
Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan irasional atau
bentuk akar
7.
Menggunakan konsep persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
8.
Menggunakan konsep persamaan dan pertidaksamaan rasional
untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
9.
Menggunakan konsep persamaan dan pertidaksamaan irasional
atau bentuk akar untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Langkah |
Uraian kegiatan pembelajaran |
Pendahuluan |
·
Guru melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran sebagai
sikap disiplin, menyiapkan fisik dan psikis. ·
Guru memberikan beberapa contoh
masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat. ·
Memberikan apersepsi tentang persamaan
kuadrat. ·
Membagi siswa dalam 8 kelompok, tiap
kelompok terdiri dari 4 atau 5 orang |
Kegiatan inti |
·
Siswa mencermati buku siswa. ·
Siswa mencari informasi berkaitan
dengan persamaan kuadrat secara menyeluruh. ·
Siswa berdiskusi tentang materi persamaan
kuadrat. ·
Siswa menuliskan hasil diskusi. ·
Siswa memberikan paparan yang
didapatkan dari hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diminta untuk
memberikan tanggapan |
Penutup |
·
Guru beserta siswa mereview proses
pembelajaran dan memberikan penugasan. ·
Menyimpulkan hasil pembelajaran
berkaitan dengan materi persamaan kuadrat. ·
Menyampaikan rencana pembelajaran
selanjutnya yaitu konsep pertidaksamaan kuadrat. |
C.
Penilaian
Penilaian
sikap diambil dari jurnal sikap dan observasi, penilaian pengetahuan dilakukan
dengan penugasan, penilaian keterampilan dari kegiatan diskusi dan presentasi
yang telah dilakukan.
Salem,
Mei 2020
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Nur
Rokhman, S.Pd, M.Pd Winaningsih,
S.Pd
selengkapnya silakan klik link download di bawah ini
3. Sistem persamaan Linear tiga Variabel
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Salem
Mata
Pelajaran : Matematika
Wajib
Kelas/Semester : X/ Genap
Materi
Pokok : SPLTV
Alokasi
Waktu : 12 Jam
Pelajaran (6 Pertemuan)
Pertemuan
ke : 1 (2 x
45 menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan hasil) dengan mengembangkan rasa ingin tahu
dan tanggung jawab peserta didik mampu
1.
Mendefinisikan dan menjelaskan konsep SPLTV
2.
Menyelesaikan SPLTV menggunakan metode substitusi
3.
Menyelesaikan SPLTV menggunakan metode eliminasi
4.
Menyelesaikan SPLTV menggunakan metode eliminasi-substitusi
5.
Membuat model matematika dari permasalahan sehari-hari ke
bentuk SPLTV
6.
Menggunakan konsep SPLTV untuk menyelesaikan masalah
sehari-hari.
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Langkah |
Uraian kegiatan pembelajaran |
Pendahuluan |
·
Guru melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran sebagai
sikap disiplin, menyiapkan fisik dan psikis. ·
Guru memberikan bentuk SPLTV
berdasarkan data penjualan tiga jenis alat tulis. ·
Memberikan apersepsi tentang SPLDV. ·
Membagi siswa dalam 8 kelompok, tiap
kelompok terdiri dari 4 atau 5 orang |
Kegiatan inti |
·
Siswa mencermati buku siswa. ·
Siswa mencari informasi berkaitan
dengan konsep SPLTV secara menyeluruh. ·
Siswa berdiskusi tentang materi konsep
SPLTV. ·
Siswa menuliskan hasil diskusi. ·
Siswa memberikan paparan yang
didapatkan dari hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diminta untuk
memberikan tanggapan |
Penutup |
·
Guru beserta siswa mereview proses
pembelajaran, menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan datang dan
memberikan penugasan (uji kompetensi 2.1 no 1 -5). ·
Menyimpulkan hasil pembelajaran
berkaitan dengan materi konsep SPLTV. ·
Menyampaikan rencana pembelajaran
selanjutnya yaitu Penyelesaian SPLTV dengan menggunakan metode substitusi. |
C.
Penilaian
Penilaian
sikap diambil dari jurnal sikap dan observasi, penilaian pengetahuan dilakukan
dengan penugasan, penilaian keterampilan dari kegiatan diskusi dan presentasi
yang telah dilakukan.
Salem,
Mei 2020
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Nur
Rokhman, S.Pd, M.Pd Winaningsih,
S.Pd
untuk selengkapnya silakan klik link dibawah ini
sistem persamaan linear tiga variabel
4. Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Salem
Mata
Pelajaran : Matematika
Wajib
Kelas/Semester : X/ Genap
Materi
Pokok : Sistem
Pertidaksamaan Dua Variabel (Linear Kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
Alokasi
Waktu : 20 Jam
Pelajaran (10 Pertemuan)
Pertemuan
ke : 1 (2 x
45 menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan hasil) dengan mengembangkan rasa ingin tahu
dan tanggung jawab peserta didik mampu
1.
Menjelaskan pertidaksamaan kuadrat dua variabel
2.
Menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dua
variabel
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Langkah |
Uraian kegiatan pembelajaran |
Pendahuluan |
·
Guru melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran sebagai
sikap disiplin, menyiapkan fisik dan psikis. ·
Guru memberikan apersepsi contoh
aplikasi permasalahan pertidaksamaan linear dua variabel dan pertidaksamaan
kuadrat dua variabel. ·
Membagi siswa dalam 8 kelompok, tiap
kelompok terdiri dari 4 atau 5 orang |
Kegiatan inti |
·
Siswa mencermati buku siswa. ·
Siswa mencari informasi berkaitan
dengan Pertidaksamaan kuadrat dua variabel secara menyeluruh. ·
Siswa berdiskusi tentang materi Pertidaksamaan
kuadrat Dua Variabel. ·
Siswa menuliskan hasil diskusi. ·
Siswa memberikan paparan yang
didapatkan dari hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diminta untuk
memberikan tanggapan |
Penutup |
·
Guru beserta siswa mereview proses
pembelajaran, menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan datang dan
memberikan penugasan. ·
Menyimpulkan hasil pembelajaran
berkaitan dengan materi Pertidaksamaan kuadrat dua variabel. ·
Menyampaikan rencana pembelajaran
selanjutnya yaitu daerah penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dua variabel . |
C.
Penilaian
Penilaian
sikap diambil dari jurnal sikap dan observasi, penilaian pengetahuan dilakukan
dengan penugasan, penilaian keterampilan dari kegiatan diskusi dan presentasi
yang telah dilakukan.
Salem,
Mei 2020
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Nur Rokhman, S.Pd, M.Pd Winaningsih, S.Pd
untuk lebih lengkapnya silakan klik link dibawah ini
sistem pertidaksamaan dua variabel
5. Fungsi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Salem
Mata
Pelajaran : Matematika
Wajib
Kelas/Semester : X/ Genap
Materi
Pokok :
Fungsi
Alokasi
Waktu : 10 Jam
Pelajaran (5 Pertemuan)
Pertemuan
ke : 1 (2 x
45 menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan hasil) dengan mengembangkan rasa ingin tahu
dan tanggung jawab peserta didik mampu:
1.
Menjelaskan fungsi linear yang meliputi notasi, daerah asal,
daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya
2.
Menentukan fungsi linear
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya serta mengajukan pertanyaan
untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan
motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan
mempelajari materi : fungsi linear. |
|
Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
belajar yang akan ditempuh, |
|
Kegiatan
Inti ( 60 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat,
mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan
bahan bacaan terkait materi fungsi linear. |
Critical Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan
dengan materi fungsi linear. |
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok (satu
kelompok terdiri dari 4 atau 5 orang) untuk mendiskusikan, mengumpulkan
informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai fungsi
linear |
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau
individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal
yang telah dipelajari terkait fungsi linear. Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
|
Guru
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan |
|
Guru
beserta peserta didik mereview proses pembelajaran dan memberikan penugasan
(latihan 3.1 hal 77). |
|
Guru
menginformasikan materi pelajaran selanjutnya yakni fungsi kuadrat. |
C.
Penilaian
Penilaian
sikap diambil dari jurnal sikap dan observasi, penilaian pengetahuan dilakukan
dengan penugasan, penilaian keterampilan dari kegiatan diskusi dan presentasi
yang telah dilakukan.
Salem,
Mei 2020
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Nur
Rokhman, S.Pd, M.Pd Winaningsih,
S.Pd
untuk lebih lengkapnya silakan klik link dibawah ini
6. Fungsi Komposisi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Salem
Mata
Pelajaran : Matematika
Wajib
Kelas/Semester : X/ Genap
Materi
Pokok :
Komposisi dan Invers Fungsi
Alokasi
Waktu : 10 Jam
Pelajaran (5 Pertemuan)
Pertemuan
ke : 1 (2 x
45 menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan hasil) dengan mengembangkan rasa ingin tahu
dan tanggung jawab peserta didik mampu
1.
Menjelaskan konsep komposisi fungsi
2.
Menentukan komposisi fungsi
3.
Menjelaskan konsep invers fungsi
4.
Menentukan invers fungsi
5.
Menggunakan konsep komposisi dan invers fungsi untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Langkah |
Uraian kegiatan pembelajaran |
Pendahuluan |
·
Guru melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran sebagai
sikap disiplin, menyiapkan fisik dan psikis. ·
Menampilkan video kerja mesin yang
merupakan prosedur kerja fungsi. ·
Memberikan apersepsi tentang fungsi. ·
Membagi siswa dalam 8 kelompok, tiap
kelompok terdiri dari 4 atau 5 orang |
Kegiatan inti |
·
Siswa mencermati buku siswa. ·
Siswa mencari informasi berkaitan
dengan komposisi fungsi secara menyeluruh. ·
Siswa berdiskusi tentang materi komposisi
fungsi. ·
Siswa menuliskan hasil diskusi. ·
Siswa memberikan paparan yang
didapatkan dari hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diminta untuk
memberikan tanggapan |
Penutup |
·
Guru beserta siswa mereview proses
pembelajaran, menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan datang dan
memberikan penugasan (uji kompetensi 3.1 hal 97 no 4 dan 6). ·
Menyimpulkan hasil pembelajaran
berkaitan dengan materi komposisi fungsi. ·
Menyampaikan rencana pembelajaran
selanjutnya yakni invers fungsi. |
C.
Penilaian
Penilaian
sikap diambil dari jurnal sikap dan observasi, penilaian pengetahuan dilakukan
dengan penugasan, penilaian keterampilan dari kegiatan diskusi dan presentasi
yang telah dilakukan.
Salem,
Mei 2020
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Nur Rokhman, S.Pd, M.Pd Winaningsih, S.Pd
untuk lebih lengkapnya silakan klik link dibawah ini
6. Trigonometri
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Salem
Mata
Pelajaran : Matematika
Wajib
Kelas/Semester : X/ Genap
Materi
Pokok : Trigonometri
Alokasi
Waktu : 40 Jam
Pelajaran (20 Pertemuan)
Pertemuan
ke : 1 (2 x
45 menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan hasil) dengan mengembangkan rasa ingin tahu
dan tanggung jawab peserta didik mampu:
1.
Menjelaskan ukuran sudut
B.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Langkah |
Uraian kegiatan pembelajaran |
Pendahuluan |
·
Guru melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran sebagai
sikap disiplin, menyiapkan fisik dan psikis. ·
Menampilkan video seorang pengamat
yang berada di puncak menara mengamati kapal yang berlayar di malam. ·
Memberikan apersepsi tentang sudut. ·
Membagi siswa dalam 8 kelompok, tiap
kelompok terdiri dari 4 atau 5 orang |
Kegiatan inti |
·
Siswa mencermati buku siswa. ·
Siswa mencari informasi berkaitan
dengan ukuran sudut secara menyeluruh. ·
Siswa berdiskusi tentang materi ukuran
sudut. ·
Siswa menuliskan hasil diskusi. ·
Siswa memberikan paparan yang
didapatkan dari hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diminta untuk memberikan
tanggapan |
Penutup |
·
Guru beserta siswa mereview proses
pembelajaran, menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan datang dan
memberikan penugasan (uji kompetensi 4.1 no 1 hal 126). ·
Menyimpulkan hasil pembelajaran
berkaitan dengan materi ukuran sudut. ·
Menyampaikan rencana pembelajaran
selanjutnya yakni sudut dan kuadran. |
C.
Penilaian
Penilaian
sikap diambil dari jurnal sikap dan observasi, penilaian pengetahuan dilakukan
dengan penugasan, penilaian keterampilan dari kegiatan diskusi dan presentasi
yang telah dilakukan.
Salem,
Mei 2020
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Nur Rokhman, S.Pd, M.Pd Winaningsih, S.Pd
untuk lebih lengkapnya silakan klik lin dibawah ini
Comments
Post a Comment