CONTOH LAPORAN HASIL KEGIATAN
LAPORAN HASIL KEGIATAN
A. PENDAHULAUAN
Judul Kegiatan
Diklat |
: |
Training Of Trainers (TOT) PJJ
Alternatif Microsoft Teams Tahap I |
Waktu
Pelaksanaan |
: |
29 s.d 30 Juli,
3 s.d 4 Agustus dan kursus daring 10 Agustus 2020 |
Tempat
Pelaksanaan |
: |
SMA N 1 Salem |
Lama Waktu
Pelaksanaan |
: |
5 hari (32 jpl) |
Surat
Penugasan |
: |
Terlampir |
Penyelenggara/pelaksana Diklat |
: |
Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dengan PT Microsoft Indonesia |
Surat persetujuan Kepala
Sekolah/Atasan langsung |
: |
Terlampir |
Fotocopy sertifikat |
: |
Terlampir |
B. SUBSTANSI
KEGIATAN
1.
Tujuan Kegiatan
Tujuan diselenggarakannya kegiatan Training Of
Trainers (TOT) PJJ Alternatif Microsoft Teams Tahap I ini antara lain:
a. Meningkatkan
kemampuan IT dan profesionalisme guru dalam mengajar di masa pandemic dengan
menggunakan aplikasi Microsoft teams
b. Meningkatkan
kemampuan guru dalam membuat kelas digital tanpa batas dengan Microsoft teams
c. Meningkatkan
kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan sway
d. Meningkatkan
kemampuan guru dalam membuat penilaian tanpa kertas dengan Microsoft form
e. Meningkatkan
kemampuan guru dalam manajemen pengguna office 365
2.
Alasan Mengikuti Training Of Trainers (TOT) PJJ
Alternatif Microsoft Teams Tahap I
Kegiatan Training Of Trainers (TOT) PJJ Alternatif
Microsoft Teams Tahap I ini penting diikuti karena alasan-alasan berikut:
a. Guru
dituntut untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh dimasa pandemic ini.
b. Microsof
adalah salah satu alternative aplikasi yang bisa digunakan dimasa pandemic
3.
Deskripsi Materi
Materi yang diberikan dalam kegiatan Training Of
Trainers (TOT) PJJ Alternatif Microsoft Teams Tahap I ini adalah sebagai
berikut:
No. |
Materi |
Tatap Muka |
Tugas Online |
Penyaji/
Narasumber |
1 |
Bekerja
dimana saja dan kapan saja dengan office 365 |
2 |
2 |
Riska Amaliyah,
S.Pd |
2 |
Kelas
digital tanpa batas dengan Microsoft teams |
3 |
6 |
Riska
Amaliyah, S.Pd |
3 |
Membuat
catatan digital dengan OneNote |
2 |
1 |
Riska
Amaliyah, S.Pd |
4 |
Microsoft
Educators Community (MEC) |
1 |
- |
Riska
Amaliyah, S.Pd |
5 |
Personalisasi
pembelajaran dengan class notebook |
3 |
3 |
Riska
Amaliyah, S.Pd |
6 |
Membuat
media story telling abad 21 dengan sway |
3 |
1 |
Riska
Amaliyah, S.Pd |
7 |
Penilaian
tanpa kertas dengan Microsoft forms |
2 |
1 |
Riska
Amaliyah, S.Pd |
8 |
Manajemen
pengguna office 365 |
1 |
1 |
Riska
Amaliyah, S.Pd |
Sub
total |
17 |
15 |
|
|
Total |
32
jpl |
|
Deskripsi
materi yang diberikan dapat dijelaskan sebagai berikut:
No. |
Materi |
Deskripsi
Materi |
1 |
Bekerja
dimana saja dan kapan saja dengan office 365 |
Menjabarkan tentang apa itu
office 365, fitur-fitur yang ada di office 365 |
2 |
Kelas
digital tanpa batas dengan Microsoft teams |
Menjabarkan tentang bagaimana
membuat kelas, menambahkan anggota, mengundang anggota untuk masuk di kelas
kita, menambahkan guru lain di kelas kita. |
3 |
Membuat
catatan digital dengan OneNote |
Menjelaskan tentang bagaimana
membuat materi dan membagikan materi yang sudah kita buat ke peserta didik |
4 |
Microsoft
Educators Community (MEC) |
Menjelaskan tentang jenis-jenis
pengembangan diri atau pelatihan-pelatihan yang dapat di ikuti di Microsoft
educators community (MEC) |
5 |
Personalisasi
pembelajaran dengan class notebook |
Menjelaskan tentang bagaimana
membuat pembelajaran dengan class notebook |
6 |
Membuat
media story telling abad 21 dengan sway |
Menjelaskan tentang bagaimana
membuat media pembelajaran yang menarik menggunakan sway |
7. |
Penilaian
tanpa kertas dengan Microsoft forms |
Menjelaskan tentang bagaimana
cara melakukan penilaian baik itu berupa tugas ataupun penilaian berupa kuis
dengan menggunakan Microsoft form |
8. |
Penutup |
Paparan hasil akhir kegiatan
dan evaluasi/ refleksi terhadap kegiatan yang dilakukan. |
4.
Kesesuaian Kegiatan dengan Upaya Peningkatan Keprofesian
Guru
Virus
covid-19 yang menyebar di indonesia membuat pemerintah membuat kebijakan agar
pembelajaran dilaksanakan secara daring guna menghambat penyebaran virus ini.
Sehingga guru di tuntut untuk menguasai IT agar bisa melaksanakan pembelajaran
jarak jauh dengan baik. Kegiatan Training Of Trainers (TOT) PJJ Alternatif Microsoft
Teams Tahap I ini melatih guru dalam menguasai microsof guna menunjang kegiatan
pembelajaran jarak jauh agar berjalan lebih baik lagi.
5.
Hasil Kegiatan
Sesuai dengan
temanya, hasil kegiatan Training Of Trainers (TOT) PJJ Alternatif Microsoft
Teams Tahap I ini adalah keterampiran guru dalam hal penguasaan IT atau
microsof teams lebih meningkat sehingga pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat
berjalan dengan lebih baik. Peserta yang telah mengikuti kegiatan Training Of
Trainers (TOT) PJJ Alternatif Microsoft Teams Tahap I ini mendapat sertifikat keikutsertaan dalam
kegiatan Training Of Trainers (TOT) PJJ Alternatif Microsoft Teams Tahap I 32
jam.
6.
Tindak lanjut
Tindak lanjut
yang dapat dilakukan setelah mengikuti kegiatan ini antara lain:
a. Memberikan
sosialisasi tentang alternative Microsoft teams kepada guru-guru lain di
sekolah masing-masing.
7.
Dampak yang Diharapkan
Dampak langsung
yang diharapkan dari kegiatan ini adalah semakin meningkatnya kemampuan IT guru
untuk melaksanakan PJJ (pembelajaran jarak jauh). Sedangkan dampak tidak
langsungnya adalah PJJ dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menekan angka
penyebaran virus Covid-19.
C. PENUTUP
Seluruh paparan yang ditulis dalam laporan kegiatan Training
Of Trainers (TOT) PJJ Alternatif Microsoft Teams Tahap I ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang
utuh tentang pelaksanaan kegiatan dan keikutsertaan penulis secara optimal
dalam kegiatan ini.
Salem,
12 Agustus 2020
Peserta Kegiatan,
LAMPIRAN
Matriks ringkasan pelaksanaan
kegiatan Training Of Trainers (TOT) PJJ Alternatif Microsoft Teams Tahap I
dapat dilihat dalam tabel berikut:
Nama
Diklat |
Tempat
& Waktu Kegiatan |
Jumlah
Jam Kegiatan Diklat |
Nama
Fasilitator |
Mata
Diklat/ kompetensi |
Nama
Penyelenggara Diklat |
Dampak
*) |
Training Of Trainers (TOT) PJJ
Alternatif Microsoft Teams Tahap I |
SMA N 1 Salem 29 s.d 30 Juli, 3 s.d 4 Agustus
dan kursus daring 10 Agustus 2020 |
32 jpl |
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Provinsi Jawa Tengah (Riska Amaliyah, S.Pd) |
·
Bekerja dimana saja dan kapan saja dengan
office 365 ·
Kelas digital tanpa batas dengan Microsoft
teams ·
Membuat catatan digital dengan OneNote ·
Microsoft Educators Community (MEC) ·
Personalisasi pembelajaran dengan class
notebook ·
Membuat media story telling abad 21 dengan sway ·
Penilaian tanpa kertas dengan Microsoft forms |
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan PT Microsoft Indonesia |
·
Semakin meningkatnya kemampuan IT guru. ·
Semakin lancarnya proses pembelajaran jarak
jauh ·
Terselenggaranya proses pendidikan dan
kegiatan pembelajaran yang berkualitas,. |
*) Perubahan prestasi peserta
didik
Comments
Post a Comment