Contoh RPP PJJ Geografi kelas XI Bahan Industri beserta lampiran penilaian
Contoh RPP PJJ Geografi kelas XI Bahan Industri beserta lampiran penilaian
Hai sobat semua kali ini admin mau berikan contoh Contoh RPP PJJ Geografi kelas XI Bahan Industri beserta lampiran penilaian
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA N
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Materi Pokok : Bahan Industri
Alokasi Waktu : 60 Menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menjelaskan
definisi bahan industri
·
Mendeskripsikan
dampak pembangunan industri
·
Menjelaskan
factor pendukung dan penghambat industri
·
Menjelaskan
jenis-jenis industri
B.
Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa) dalam bentuk
google form, Lembar penilaian
Alat/Bahan : Laptop dan smart phone
Sumber Belajar :
Buku geografi Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (5 Menit) |
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran dengan menggunakan
aplikasi whatsap grup, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin |
|
Mengaitkan materi/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi /kegiatan
sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan
dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan motivasi tentang apa yang
dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Bahan
industri |
|
Menjelaskan hal-hal yang akan
dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan
ditempuh, melalui whatsap grup |
|
Kegiatan
Inti ( 50 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan
panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka
diberi file menggunakan google clasroom
terkait materi bahan
industri. |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik yang
disampaikan lewat whatsap grup atau lewat GC langsung. Pertanyaan ini harus
tetap berkaitan dengan materi bahan
industri. |
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok setiap kelompok terdiri dari 4 orang untuk mendiskusikan,
mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi
mengenai bahan industry di
whatasp grup. |
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok atau individu, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan di whatsapgrup |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait bahan industri.
Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal
yang belum dipahami |
Kegiatan
Penutup (5 Menit) |
|
Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran .tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
D.
Penilaian Hasil Pembelajaran
-
Penilaian
Pengetahuan berupa post test, observasi terhadap diskusi tanya jawab
dan percakapan
-
Penilaian
Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja
Salem, 3 November
2020
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Lampiran 1
penilaian sikap
Lembar
observasi
No |
Nama siswa |
Aspek yang
dinilai |
Jumlah skor |
Nilai |
|||
Rasa ingin
tahu |
Teliti |
disiplin |
Tanggung
jawab |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian
Sikap |
skor |
Nilai |
Deskripsi penilaian |
Rasa Ingin Tahu |
4 |
Sangat baik |
Jika siswa menunjukkan
selalu suka bertanya kepada guru atau teman |
3 |
Baik |
Jika siswa menunjukkan
suka bertanya kepada guru atau teman cenderung sering tetapi belum terus
menerus |
|
2 |
Cukup |
Jika siswa menunjukkan
sekali atau dua kali bertanya kepada guru atau teman |
|
1 |
kurang |
Jika siswa menunjukkan
sama sekali tidak suka bertanya kepada guru atau teman |
|
Teliti |
4 |
Sangat baik |
Jika siswa selalu
menunjukkan kehati-hatian dan tidak tergesa-gesa yang kuat dalam mengerjakan
tugas-tugas |
3 |
Baik |
Jika siswa menunjukkan
untuk lebih berhati-hati dan tidak tergesa- gesa dalam mengerjakan
tugas-tugas. |
|
2 |
Cukup |
Jika siswa menunjukkan
kemauan untuk berhati-hati dan tidak tergesa- gesa dalam mengerjakan
tugas-tugas. |
|
1 |
kurang |
Jika siswa tidak
hati-hatian dan tidak tergesa-gesa dalam mengerjakan tugas-tugas. |
|
Disiplin |
4 |
Sangat baik |
Jika siswa menunjukkan
selalu tertib dan patuh terhadap peraturan yang sudah disepakati dalam proses
pembelajaran |
3 |
Baik |
Jika siswa menunjukkan
tertib dan patuh terhadap peraturan yang sudah disepakati dalam proses
pembelajaran |
|
2 |
Cukup |
Jika siswa menunjukan
kemauan untuk tertib dan patuh terhadap peraturan yang sudah disepakati dalam
proses pembelajaran |
|
1 |
kurang |
Jika siswa tidak
tertib dan tidak patuh terhadap peraturan yang sudah disepakati dalam proses
pembelajaran |
|
Tanggung jawab |
4 |
Sangat baik |
Jika menunjukkan
selalu ambil bagian dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus |
3 |
Baik |
Jika menunjukkan sudah
ada usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas |
|
2 |
Cukup |
Jika menunjukkan sudah
ada usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas tetapi belum terus menerus |
|
1 |
kurang |
Jika menunjukkan sama
sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok |
Pedoman
penilaian
Kriteria
penilaian
85 – 100 = sangat baik
75 – 84 = baik
65 – 77 = cukup baik
< 64 = kurang baik
Lampiran 2:
penilaian pengetahuan
Jenis/tekhnis
penilaian : penugasan
Bentuk
penilaian : isisan
Instrument :
Kisi-kisi
penilaian pengetahuan
KI 3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
NO |
KD |
IPK |
Lefel Kognitif |
MATERI POKOK |
SOAL |
NO SOAL |
KUNCI JAWABAN |
1 |
3.3 Menganalisis kondisi geografis Indonesia untuk
ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri dan energy alternative |
3.3.1 Menjelaskan
definisi bahan industri |
C3 |
Bahan Industri |
Terlampir |
1 |
Terlampir
|
|
3.3.2 Menjelaskan dampak pembangunan industri |
C3 |
2 |
||||
|
3.3.3 Menjelaskan factor pendukung perkembangan
industri |
C3 |
3 |
||||
|
3.3.4 Menjelaskan factor penghambat perkembangan
industri |
C3 |
4 |
||||
|
3.3.5 Menjelaskan jenis-jenis industri |
C3 |
5 - 10 |
Soal
1.
Semua bahan yang di dapat dari
sumber daya alam dan atau diperoleh dari usaha manusia untuk dimanfaatkan lebih
lanjut disebut bahan …… (mentah)
2.
Terbukanya lapangan kerja,
terpenuhinya berbagai kebutuhan masyarakat, dan pendapatan / kesejahteraan
masyarakat meningkat merupakan salah satu contoh dampak …. Pembangunan industry
(positif)
3.
Indonesia kaya bahan mentah
meru[akan salah satu contoh factor ….. industry (pendukung)
4.
Jenis-jenis barang tertentu bahan
bakunya masih sangat tergantung dengan negara lain merupakan salah satu contoh
factor …. Industry (penghambat)
5.
Industry yang bahan baku diambil
langsung dari alam sekitar disebut jenis industry …. (ekstraktif)
6.
Asuransi, perbankan, transportasi
merupakan contoh industry …. (fasilitatif)
7.
Macam industry berdasarkan besar
kecilnya modal ada …. Macam (dua)
8.
industri yang jumlah karyawan / tenaga
kerjanya berjumlah 5 – 19 orang disebut industri …. (kecil)
9.
Telekomunikasi, transfortasi, dan
perawatan kesehatan adalah contoh industri …. (tersier)
10.
Industri yang lebih dititik
beratkan pada sejumlah besar tenaga kerja atau pekerja dalam pembangunan serta
pengoperasiannya disebut industri padat …. (karya)
Pedoman
penilaian
Nilai = skor yang
diperoleh
Penilaian Unjuk Kerja
Instrumen penilaian unjuk
kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara
sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No |
Aspek
yang Dinilai |
Sangat
Baik
(100) |
Baik
(75) |
Kurang
Baik
(50) |
Tidak
Baik
(25) |
1 |
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian
pemilihan kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Comments
Post a Comment