Contoh RPP PJJ Geografi kelas XI Bahan Industri beserta lampiran penilaian

 Contoh RPP PJJ Geografi kelas XI Bahan Industri beserta lampiran penilaian

Hai sobat semua kali ini admin mau berikan contoh Contoh RPP PJJ Geografi kelas XI Bahan Industri beserta lampiran penilaian

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                  : SMA N 

Mata Pelajaran                     : Geografi

Kelas/Semester                   : XI / Ganjil

Materi Pokok                       : Bahan Industri

Alokasi Waktu                     : 60 Menit

 

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menjelaskan definisi bahan industri

·         Mendeskripsikan dampak pembangunan industri

·         Menjelaskan factor pendukung dan penghambat industri

·         Menjelaskan jenis-jenis industri

 

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar

Media                        : Worksheet atau lembar kerja (siswa) dalam bentuk google form, Lembar penilaian

Alat/Bahan            : Laptop dan smart phone

Sumber Belajar    : Buku geografi Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

 

C.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (5 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran dengan menggunakan aplikasi whatsap grup, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi /kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Bahan industri

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, melalui whatsap grup

Kegiatan Inti ( 50 Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi file menggunakan google clasroom  terkait materi bahan industri.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik yang disampaikan lewat whatsap grup atau lewat GC langsung. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi bahan industri.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok setiap kelompok terdiri dari 4 orang untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai bahan industry  di whatasp grup.

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan di whatsapgrup

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait bahan industri. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (5 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran .tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

D.      Penilaian Hasil Pembelajaran

-        Penilaian Pengetahuan berupa post test, observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan

-        Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja

­­­

 

                                                                                                                          Salem, 3 November 2020

Kepala Sekolah                                                                                                    Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1 penilaian sikap

 

Lembar observasi

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah skor

Nilai

Rasa ingin tahu

Teliti

disiplin

Tanggung jawab

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian

Sikap

skor

Nilai

Deskripsi penilaian

Rasa Ingin Tahu

4

Sangat baik

Jika siswa menunjukkan selalu suka bertanya kepada guru atau teman

3

Baik

Jika siswa menunjukkan suka bertanya kepada guru atau teman cenderung sering tetapi belum terus menerus

2

Cukup

Jika siswa menunjukkan sekali atau dua kali bertanya kepada guru atau teman

1

kurang

Jika siswa menunjukkan sama sekali tidak suka bertanya kepada guru atau teman

Teliti

4

Sangat baik

Jika siswa selalu menunjukkan kehati-hatian dan tidak tergesa-gesa yang kuat dalam mengerjakan tugas-tugas

3

Baik

Jika siswa menunjukkan untuk lebih berhati-hati dan tidak tergesa- gesa dalam mengerjakan tugas-tugas.

2

Cukup

Jika siswa menunjukkan kemauan untuk berhati-hati dan tidak tergesa- gesa dalam mengerjakan tugas-tugas.

1

kurang

Jika siswa tidak hati-hatian dan tidak tergesa-gesa dalam mengerjakan tugas-tugas.

Disiplin

4

Sangat baik

Jika siswa menunjukkan selalu tertib dan patuh terhadap peraturan yang sudah disepakati dalam proses pembelajaran

3

Baik

Jika siswa menunjukkan tertib dan patuh terhadap peraturan yang sudah disepakati dalam proses pembelajaran

2

Cukup

Jika siswa menunjukan kemauan untuk tertib dan patuh terhadap peraturan yang sudah disepakati dalam proses pembelajaran

1

kurang

Jika siswa tidak tertib dan tidak patuh terhadap peraturan yang sudah disepakati dalam proses pembelajaran

Tanggung jawab

4

Sangat baik

Jika menunjukkan selalu ambil bagian dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus

3

Baik

Jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas

2

Cukup

Jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas tetapi belum terus menerus

1

kurang

Jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok

 

Pedoman penilaian

 

Kriteria penilaian

85 – 100       = sangat baik

75 – 84         = baik

65 – 77         = cukup baik

< 64       = kurang baik

 

 

Lampiran 2: penilaian pengetahuan

 

Jenis/tekhnis penilaian    : penugasan

Bentuk penilaian                : isisan

Instrument                          :

 

Kisi-kisi penilaian pengetahuan

KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

NO

KD

IPK

Lefel Kognitif

MATERI POKOK

SOAL

NO SOAL

KUNCI JAWABAN

1

3.3 Menganalisis kondisi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri dan energy alternative

3.3.1 Menjelaskan definisi bahan industri

C3

Bahan Industri

Terlampir

1

Terlampir

 

3.3.2 Menjelaskan dampak pembangunan industri

C3

2

 

3.3.3 Menjelaskan factor pendukung perkembangan industri

C3

3

 

3.3.4 Menjelaskan factor penghambat perkembangan industri

C3

4

 

3.3.5 Menjelaskan jenis-jenis industri

C3

5 - 10

 

Soal

1.       Semua bahan yang di dapat dari sumber daya alam dan atau diperoleh dari usaha manusia untuk dimanfaatkan lebih lanjut disebut bahan …… (mentah)

2.       Terbukanya lapangan kerja, terpenuhinya berbagai kebutuhan masyarakat, dan pendapatan / kesejahteraan masyarakat meningkat merupakan salah satu contoh dampak …. Pembangunan industry (positif)

3.       Indonesia kaya bahan mentah meru[akan salah satu contoh factor ….. industry (pendukung)

4.       Jenis-jenis barang tertentu bahan bakunya masih sangat tergantung dengan negara lain merupakan salah satu contoh factor …. Industry (penghambat)

5.       Industry yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar disebut jenis industry …. (ekstraktif)

6.       Asuransi, perbankan, transportasi merupakan contoh industry …. (fasilitatif)

7.       Macam industry berdasarkan besar kecilnya modal ada …. Macam (dua)

8.        industri yang jumlah karyawan / tenaga kerjanya berjumlah 5 – 19 orang disebut industri …. (kecil)

9.       Telekomunikasi, transfortasi, dan perawatan kesehatan adalah contoh industri …. (tersier)

10.   Industri yang lebih dititik beratkan pada sejumlah besar tenaga kerja atau pekerja dalam pembangunan serta pengoperasiannya disebut industri padat …. (karya)

 

Pedoman penilaian

Nilai = skor yang diperoleh

 

 

Penilaian Unjuk Kerja

Instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

Instrumen Penilaian

No

Aspek yang Dinilai

Sangat

Baik

(100)

Baik

(75)

Kurang

Baik

(50)

Tidak

Baik

(25)

1

Kesesuaian respon dengan pertanyaan

 

 

 

 

2

Keserasian pemilihan kata

 

 

 

 

3

Kesesuaian penggunaan tata bahasa

 

 

 

 

4

Pelafalan

 

 

 

 

Kriteria penilaian (skor)

100                               = Sangat Baik

75                                 = Baik

50                                 = Kurang Baik

25                                 = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

 

Instrumen Penilaian Diskusi

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

Penguasaan materi diskusi

 

 

 

 

2

Kemampuan menjawab pertanyaan

 

 

 

 

3

Kemampuan mengolah kata

 

 

 

 

4

Kemampuan menyelesaikan masalah

 

 

 

 

Keterangan :

100        = Sangat Baik

75           = Baik

50           = Kurang Baik

25           = Tidak Baik

 

 


Comments

Popular posts from this blog

soal persamaan linear

1